KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 18 Mei 2012

10 MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SEBELUM TIDUR (3)

MENU makan malam Anda, turut mempengaruhi kualitas tidur Anda. Oleh karenanya, pilah-pilihlah makanan terbaik menjelang waktu tidur malam hari.

Ketika mendekati waktu tidur, ada baiknya Anda telah berhenti mengonsumsi makanan minimal dua jam sebelumnya. Selain itu, pilih juga makanan-makanan yang mudah diserap dan dicerna oleh tubuh.

Jika tidak, perut Anda akan sibuk semalaman mencerna makanan berat. Dan jika tak terproses sempurna, makanan-makanan tertentu justru akan menghadirkan masalah lain pada kualitas kesehatan Anda.

Untuk itu, ketahuilah 10 makanan yang baiknya Anda hindari ketika menjelang tidur. Berikut lanjutan paparannya sebagaiman dilansir Foxnews, Kamis (17/5/2012):

7. Bawang putih

Anda mungkin akan menghindari bawang putih sebelum tidur, jika Anda hendak tidur dengan pasangan. Tapi sebaiknya bawang putih memang dihindari menjelang waktu tidur.

Selain alasan bau mulut, bawang putih dikenal sebagai bumbu yang panas. Terlebih jika dikonsumsi bersama dengan makanan pedas, cenderung memiliki beberapa sifat di dalamnya, yang dapat menyebabkan mulas.

Bawang putih juga diketahui memiliki efek samping mengganggu lambung, khususnya bagi pemilik perut yang lemah atau rentan terhadap refluks asam. Dengan demikian, hal ini sudah tentu mengganggu kenyamanan tidur.

8. Dark chocolate

Siapa yang mudah untuk menolak sepotong kecil cokelat sebelum tidur untuk memberikan perasaan nyaman? Sayangnya, jika Anda bertujuan untuk tidur malam yang baik, cokelat gelap adalah salah satu makanan yang sebaiknya Anda hindari.

Pasalnya, dark chocolate merupakan sumber kafein, yang juga dikenal untuk membangkitkan perasaan gembira. Hampir semua coklat mengandung kafein tingkat tinggi.

Selain itu coklat hitam juga mengandung stimulan seperti theobromine, yang dapat memicu debaran jantung. Jika Anda tetap ingin mengudap cokelat sebelum tidur, ada baiknya Anda pilih cokelat putih. Pasalnya, cokelat putih tidak memiliki theobromine dan biasanya rendah kafein.

9. Alkohol

Ada kepercayaan umum yang menyebutkan bahwa jumlah berlebihan alkohol dapat membuat tidur menjadi pulas. Padahal itu tidak sepenuhnya akurat.

Selain tidak benar-benar membantu mendapatkan tidur yang nyenyak, alkohol juga tidak akan memberikan efek kesegaran setelah Anda terbangun sadar.

Alkohol justru benar-benar mengganggu fungsi restoratif tidur. Seringnya juga membuat Anda terbangun sebelum energi benar-benar pulih dan bakal tetap terbangun sepanjang malam.

Orang yang secara teratur mengosumsi alkohol agar dapat tertidur, dapat mengembangkan ketergantungan terhadapnya. Ini akan menciptakan siklus frustasi. Jadi, jika Anda bertujuan untuk tidur lelap yang menyehatkan, alkohol harus dihindari.

10. Daging Merah

Daging merah sarat dengan protein dan lemak yang akan membuat tubuh Anda bekerja keras sepanjang malam. Daging memakan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan lainnya. Hal ini tentu bukan "pekerjaan" yang diinginkan perut menjelang tidur.

Kendati demikian jangan sama sekali menghindari daging merah. Daging merah memiliki tingkatan zat besi dan triptofan, yang membantu keinginan untuk tidur. Hanya saja, jangan makan mendekati waktu tidur, atau tubuh Anda akan sibuk memecahnya di malam hari. Konsumsi dalam porsi cukup, minimal lima jam sebelum waktu tidur. [Renata Koh / Jakarta] Tamat

* Sumber: Google Search Engine

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA