KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 09 Oktober 2012

KURANGI MAKANAN MANIS AGAR TERHINDAR DARI RISIKO PENYAKIT DIABETES

Diet yang tidak sehat seperti menggemari makanan manis dan makanan olahan telah diketahui dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa hal ini juga berisiko terhadap penyakit Alzheimer atau sering disebut-sebut diabetes tipe 3.

Suzanne de La Monte, MD, MPH, seorang neuropathologist di Brown University bersama tim melakukan penelitian dan menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan resistensi insulin yang memperburuk kondisi otak.

"Tikus yang resisten terhadap insulin, otaknya mengalami kerusakan termasuk degenerasi neuron dan hal ini dapat mengembangkan pola penyakit seperti Alzheimer," kata de La Monte, seperti dilansir womenshealth, Senin (8/10/2012).

Sel-sel tubuh membutuhkan glukosa dari makanan untuk energi. Hormon insulin yang diproduksi di pankreas dapat membantu sel-sel tubuh mengambil glukosa dari aliran darah, dimana sel-sel kemudian mengolahnya menjadi energi.

Jika ada kelebihan glukosa dalam aliran darah karena terlalu banyak makan makanan manis, pankreas akan memproduksi lebih banyak hormon insulin sehingga resistensi insulin pada sel-sel tubuh dapat meningkat.

Jika sel-sel di otak juga menjadi resisten terhadap insulin, otak tidak mendapatkan energi yang cukup dan kondisinya dapat memburuk. Sel-sel otak yang kekurangan energi dapat mengakibatkan hilangnya memori dan kebingungan yang merupakan gejala penyakit Alzheimer.

Tapi tidak ada kata terlambat untuk melindungi otak dari ancaman Alzheimer. De La Monte merekomendasikan langkah pencegahan sebagai berikut:

1. Jagalah berat badan agar tetap stabil

Jika Anda menimbang berat badan dan mengukur lingkar pinggang secara teratur, Anda akan mengetahui apakah berat badan Anda mengalami peningkatan atau tidak. Sehingga Anda dapat mencegah obesitas sejak dini. Obesitas juga terkait terhadap resistensi insulin.

2. Kurangi makan daging

Dengan diet makan makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan mengurangi konsumsi daging dapat membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari obesitas.

3. Kurangi konsumsi gula

Gula telah terkait oleh diabetes tipe 2 dan 3, sehingga Anda perlu mengurangi konsumsinya sehari-hari. Hindari juga makan makanan kemasan yang terkadang mengandung pemanis buatan.

4. Memasak makanan sendiri di rumah

Dengan memasak makanan sendiri, Anda dapat memastikan sendiri bahan-bahan yang Anda gunakan adalah yang terbaik dan lebih sehat.

5. Hindari nitrat

Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Alzheimer dengan konsumsi makanan yang mengandung nitrosamin. Lindungi diri Anda dengan menghindari makanan olahan yang mengandung nitrat pada labelnya. Makanan olahan tersebut termasuk keju, hot dog, daging sapi, dan daging asap. [Renata Koh / Jakarta] Sumber: Aku mau sehat

PESAN KHUSUS

Silahkan kirim berita/artikel anda ke ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA