KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 12 Maret 2013

BENARKAH COKELAT BAIK UNTUK KULIT ?

Apakah Anda hampir selalu tergoda oleh cokelat? Mungkin itu bukan hal buruk. Pada kenyataannya, studi terbaru menyimpulkan bahwa mengonsumsi cokelat dalam dosis yang tepat dan dengan kandungan kakao yang tepat terbukti bermanfaat untuk kecantikan.

Sekitar 2 atau 3 ons seminggu adalah dosis yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat dari cokelat, kata Kristin Kirkpatrick, R.D., M.S., manajer kesehatan untuk Cleveland Clinic's Lifestyle 180 program, di situs You Beauty (YouBeauty.com).

Banyak penelitian menunjukkan cokelat dengan kandungan kakao minimal 70 persen atau lebih memiliki dampak gizi tertinggi.

* Perlindungan ultraviolet UV

Kakao mengandung flavonol, fitonutrien yang memiliki antioksidan dan anti-inflamasi.

Mereka membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat UV, sehingga mengurangi keriput. Mereka juga menahan radikal bebas yang dapat mengakibatkan bintik-bintik akibat sinar matahari, dan meningkatkan aliran darah, yang dapat memberikan efek kulit lembut bersinar seperti yang diinginkan.

"Peneliti Jerman memberi setengah cangkir kakao istimewa yang diperkaya flavonoid setiap hari pada 24 perempuan," seperti dituliskan sebuah artikel di CNN.

"Setelah tiga bulan, kulit para perempuan tersebut menjadi lembut, halus, dan saat terkena sinar ultraviolet, kulit bersisik dan merah nampak berkurang. Para peneliti memperkirakan flavonoid yang menyerap sinar UV, membantu melindungi dan meningkatkan aliran darah ke kulit, serta memperbaiki penampilan."

Bahkan ada bukti yang dipublikasikan di situs U.S. National Center for Biotechnology Information (NCBI) jika biji kakao yang diterapkan secara langsung pada bagian-bagian tubuh dapat membantu mencegah kulit yang rusak akibat sinar matahari, termasuk pembentukan keriput akibat turunan xanthine ditemukan di tanaman.

* Menunda Penuaan

Epicatechin dan resveratrol, dua antioksidan alami terbesar yang ditemukan dalam biji kakao, diperkirakan dapat memberikan manfaat bagi jantung, pembuluh darah, otak, dan sistem saraf, dan bahkan memperlambat laju penuaan, menurut Joseph Mercola, O.D., seorang dokter osteopathic, dalam sebuah artikel di situs Food Matters.

* Mencegah kerusakan kolagen

Dark chocolate membantu mengurangi hormon stres dan meningkatkan produksi neurotransmiter pembangkit suasana hati, kata Kirkpatrick pada situs You Beauty. Penurunan tingkat stres berarti penurunan kerusakan kolagen dalam kulit dan hasilnya keriput menjadi berkurang.

* Peningkatan sel perbaikan

Tingkat antioksidan dalam dark chocolate sebenarnya lebih tinggi dari teh hijau, teh hitam, atau anggur merah, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Department of Food Science and Technology, Seoul National University, dan dipublikasikan dalam situs Kenshar Products.

* Resep Kakao Sehat

(Dicetak ulang dengan izin dari DermaMedsolutions.com)

- 1 mug penuh susu almond tanpa pemanis atau susu beras

- 2-4 sendok makan bubuk kakao mentah

- 1 jumput cayenne pepper (Cayenne harus dihindari oleh orang-orang yang sensitif terhadap makanan pedas, menderita panas, hot flashes, atau bisul)

- 1 tetes esens vanila murni

- sirup agave, stevia, atau xylitol secukupnya.

Tuangkan 1 mug penuh almond tanpa pemanis atau susu beras ke dalam panci stainless. Panaskan sampai sebelum mendidih.

Tambahkan 1 jumput cayenne pepper. Bubuhkan setetes esens vanila murni.

Campurkan 2-4 sendok makan bubuk kakao mentah. Sangat penting untuk memastikan bahwa mangkuk diangkat dari panas sebelum menambahkan bubuk kakao mentah, jika tidak panas akan menghancurkan nutrisi dari kakao.

Tambahkan pemanis (sirup agave, stevia, atau xylitol) secukupnya. Opsional: Tambahkan sejumput pala atau kayu manis. Sajikan saat panas. Untuk satu porsi.

Tingkat antioksidan yang tinggi membawa perbaikan sel yang lebih besar serta mencegah kerusakan sel.

Karena aliran darah meningkat karena peningkatan fungsi pembuluh darah, juga terjadi peningkatan hidrasi dan penurunan kekasaran kulit.

Tembaga, besi, mangan, magnesium, dan kandungan seng mendorong pertumbuhan sel, memperbaiki jaringan, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Cobalah resep kakao sehat di atas. Menghidangkannya sedemikian rupa akan membantu melindungi nutrisi yang berharga.

* Pembeli, Waspadalah

Hati-hati ketika Anda membeli cokelat. Carilah cokelat dengan kadar gula rendah dan tidak ada bahan susu atau kedelai yang akan mengurangi manfaat cokelat.

Mercola bahkan merekomendasikan makan cokelat dalam bentuk paling murni yakni mentah.

Jadi, ketika godaan cokelat menyerang Anda, ingatlah untuk mencari dark chocolate.

Kulit Anda akan berterima kasih pada Anda. [Renata Koh / Jakarta]

***
Mari kita bersama-sama dukung Tionghoanews dengan cara kirim berita & artikel tentang kegiatan & kejadian Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA