KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 11 Maret 2013

MEDITASI CEPAT MENURUNKAN DEPRESI

Depresi merupakan suatu reaksi fisiologi dan psikologi yang normal di tengah tuntutan yang semakin tinggi dalam kehidupan modern ini.

Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Amerika di waktu tertentu dalam setahun, di tengah proses melakukan pekerjaan selalu dihadapkan pada tantangan dan tekanan yang berbeda tingkatnya.

Ketika menghadapi tekanan, hati dan tubuh manusia secara otomatis mengaktifkan reaksi "tindakan darurat" untuk melindungi diri. Setelah melewati "tindakan darurat" yang cukup tegang, selanjutnya tubuh akan kembali pada kondisi relaksasi. Namun bentuk tekanan dalam kehidupan modern ini datang secara berkelanjutan. Ini menandakan sistem "tindakan darurat" Anda sangat jarang berhenti bekerja. Seiring berjalannya waktu, tekanan yang berat akan mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Juga akan berpengaruh negatif terhadap hubungan sosial maupun kualitas hidup kita.

Inilah sebabnya mengapa pengendalian depresi menjadi sangat penting. Para dokter dari Mayo Klinik Amerika mengusulkan agar kita mempelajari beberapa teknik pengendalian depresi. Antara lain menemukan penyebab terjadinya depresi atau mempelajari beberapa teknik mencapai relaksasi misalnya meditasi.

* Teknik Mencapai Relaksasi

Dokter dari Mayo Klinik memperkenalkan, beberapa teknik relaksasi seperti meditasi, pikiran lurus, Tai Ci dan Yoga. Selain itu juga bisa melakukan kegiatan fisik lainnya seperti berjalan-jalan di luar rumah, olahraga, dan lain-lain. Mereka berpendapat, meditasi merupakan teknik relaksasi yang paling mudah dan cepat berhasil.

Menurut mereka, meditasi dapat menghilangkan tekanan yang terjadi sepanjang hari dan mendatangkan ketenangan dalam hati. Jika timbul kegelisahan, ketegangan, dan kekhawatiran karena mengalami tekanan, penderita bisa mencoba melakukan meditasi. Hanya memerlukan waktu beberapa menit saja dapat membuat anda tenang dan hati kembali tentram.

Dokter mengatakan, siapa pun boleh belajar meditasi. Caranya sederhana, tidak memerlukan biaya maupun peralatan khusus, dan dapat dilakukan dalam kondisi apapun. Seperti ketika sedang menumpang kendaraan, atau sedang menunggu giliran di tempat praktek dokter, bahkan diantara jeda rapat bisnis yang menegangkan.

* Manfaat Bermeditasi

Website Mayo Klinik memperkenalkan, meditasi mempunyai sejarah ribuan tahun. Pada awalnya, meditasi dilakukan untuk membantu meningkatkan pemahaman akan kekuatan gaib serta kesakralan jiwa. Belakangan ini meditasi secara umum telah digunakan sebagai teknik penting untuk merelaksasikan dan mengurangi tekanan.

Meditasi dianggap sebagai sejenis ilmu pengobatan pelengkap yang bermanfaat bagi jiwa dan raga. Ia dapat membuat seseorang mencapai relaksasi yang mendalam dan membuat hati menjadi tentram. Dalam proses meditasi, perlu mengonsentrasikan perhatian dan menghilangkan pikiran yang rumit. Pikiran rumit ini merupakan cikal bakal terjadinya depresi. Meditasi juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan menstabilkan emosi.

Dokter dari Mayo Klinik menganggap meditasi dapat memberi semacam perasaan yang tenang dan damai, juga dapat menstabilkan emosi serta mampu mencapai kesehatan secara menyeluruh. Manfaat-manfaat tersebut tidak hanya berhenti ketika kita selesai bermeditasi, namun masih terus berlanjut saat Anda menghadapi kesibukan sehari-hari. Anda dapat menghadapi berbagai masalah dengan lebih tenang, bahkan dapat memperbaiki kondisi kesehatan pasien.

* Meditasi dan Penyakit

Dokter Klinik Mayo mengatakan, meditasi juga bermanfaat bagi penyembuhan penyakit. Terutama untuk penyakit-penyakit yang berkaitan dengan tekanan atau diperberat karena adanya tekanan. Semakin banyak studi ilmiah yang mendukung manfaat meditasi terhadap kesehatan. Sejumlah penelitian menunjukkan, meditasi dapat membantu memperbaiki berbagai macam penyakit, antara lain alergi, keresahan, asma, kelebihan makan dan minum, kanker, tekanan batin, kelelahan, penyakit jantung, darah tinggi, nyeri, gangguan tidur, atau penyalahgunaan zat-zat legal maupun illegal.

Pengenalan singkat Mayo Klinik:

Mayo Klinik adalah sebuah lembaga kesehatan non profit di bidang kesehatan di seluruh dunia. Mengedepankan bidang pengobatan, studi ilmiah, dan pendidikan untuk berbagai kalangan masyarakat. Beranggotakan dokter-dokter spesialis dari berbagai disiplin ilmu kesehatan. Klinik ini memiliki sebuah visi "Keperluan pasien adalah nomor satu." [Liana Liau / Surabaya]

***
Mari kita bersama-sama dukung Tionghoanews dengan cara kirim berita & artikel tentang kegiatan & kejadian Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA