KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 18 Mei 2012

SEPATU HAK TINGGI SEBABKAN GANGGUAN OTOT KAKI

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan, pemakaian sepatu hak tinggi dalam jangka panjang membebankan sejumlah besar  tekanan pada otot-otot kaki.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari University of Jyvaskyla di Finlandia dan University Greffith Australia.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa memakai sepatu hak tinggi dapat meningkatkan kekakuan Achilles tendon (tumit tendon).

Dalam studi ini, para peneliti memeriksa otot dan aktivitas tendon pada  otot-otot kaki perempuan ketika  mereka berjalan dengan dan tanpa menggunakan sepatu hak tinggi.

Satu kelompok partisipan memakai hak tinggi diatas 2 inci (5 cm)  sedikitnya 40 jam perminggu selama dua tahun atau lebih, sementara kelompok partisipan yang lain memakai  sepatu berhak kurang dari 10 jam perminggu. 

Setelah membandingkan dua kelompok ini, para peneliti menemukan bahwa kelompok yang biasa memakai sepatu berhak "Telah mengalami adaptasi kronis pada arsitektur  otot tendon terkait dengan pemakaian hak tinggi", hal ini mereka tuliskan di atas kertas.   

"Adaptasi akibat penggunaan hak tinggi dalam jangka panjang dapat membahayakan efisiensi otot saat berjalan tanpa alas kaki dan hak tinggi," ungkap penelitian itu.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa otot partisipan secara signifikan lebih tegang dan panjang pendek langkah, ketika mereka berjalan dengan menggunakan hak daripada berjalan tanpa alas kaki. [Suzanna Liu / Jakarta]

* Sumber: Google Search Engine

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA