KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 05 Mei 2013

SEMBILAN MANFAAT MINYAK ZAITUN

Apakah pesona dan manfaat minyak zaitun, yang sering disebut juga dengan cairan emas ini? Ada 9 manfaat yang dapat kita peroleh dari "cairan emas" ini."

Sembilan manfaat tersebut meliputi:

1. Memiliki rasa yang unik dan lezat
2. Membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah diabetes
3. Berkat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan, dapat memperpanjang umur
4. Mencegah penyakit Alzheimer
5. Membuat orang terlihat bercahaya dan berseri
6. Membuat semakin enerjik
7. Meredakan rasa nyeri
8. Meningkatkan daya tahan tubuh
9. Meningkatkan kesehatan janin

Namun, sebelum membeli minyak zaitun, ada baiknya kita sedikit mengenal produk minyak zaitun yang beredar di pasaran, agar tidak salah memilih. Di negara-negara yang mematuhi standar dari International Olive Council (IOC) umumnya mencantumkan label kelas minyak zaitun di toko-toko yang menjualnya. Mungkin kita perlu sedikit mengenal beberapa kelas yang dijual di pasaran.

* Extra-virgin olive oil

Minyak ini berasal dari hasil perasan pertama buah zaitun, mengandung tidak lebih dari 0,8% keasaman, dan dinilai memiliki keunggulan rasa. Jenis minyak zaitun ini sangat dianjurkan untuk kesehatan. Artinya bisa dikonsumsi langsung.

* Virgin olive oil

Minyak ini diperoleh dari hasil produksi dan pengolahan tahap kedua buah zaitun, diambil dari buah zaitun yang lebih matang, sehingga tingkat keasamannya agak tinggi dibandingkan Extra Virgin. Memiliki tingkat keasaman yang kurang dari 1,5%. Masih bisa dikonsumsi langsung.

* Pure olive oil dan olive oil

Minyak berlabel Pure olive oil atau olive oil ini biasanya merupakan campuran antara minyak zaitun hasil sulingan dan minyak zaitun Virgin. Tingkat keasaman minyak zaitun Pure berkisar 2%. Minyak zaitun ini umumnya hanya dipakai untuk memasak dengan suhu tinggi.

* Olive pomace oil

Minyak zaitun yang dibuat dengan ekstraksi kimia dari residu yang tersisa setelah perasan dan pemrosesan kedua. Minyak zaitun ini biasanya dipakai sebagai bahan baku produk kecantikan, sabun, shampo atau lainnya, namun juga banyak yang menggunakan untuk memasak.

* Lampante oil

Biasanya digunakan untuk lampu minyak, minyak zaitun tidak cocok sebagai makanan. Lampante banyak digunakan di pasar industri.

* Refined olive oil

Berasal dari pengolahan minyak dengan menyempurnakan metode yang tidak menyebabkan perubahan dalam struktur glyceridic awal. Tanpa keasaman.

Di Indonesia sendiri minyak zaitun telah dipasarkan dalam berbagai bentuk. Mulai dari kapsul kesehatan, massage oil, hingga produk kecantikan. Anda mungkin perlu sedikit menyisihkan waktu untuk mengenali apa yang Anda butuhkan sekaligus mengetahui produk yang akan Anda beli. Terakhir, pilihan tetap diserahkan pada Anda. [Renata Koh / Jakarta]

***
Mari kita bersama-sama dukung Tionghoanews dengan cara kirim berita & artikel tentang kegiatan & kejadian Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA