KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 16 Oktober 2012

MANFAAT GANCAO

Nama mandarin dari licorice adalah gancao. Gancao secara harfiah berarti "akar manis". Berikut ini adalah cerita lucu tentang gancao yang menjelaskan bagaimana licorice bisa menjadi obat herbal.

Seorang tabib herbal terkenal meninggalkan rumah untuk mendatangi rumah pasien dan belum kembali sampai sebulan lebih. Tentu ini menyebabkan kecemasan bagi pasien yang sudah datang ke rumahnya untuk menjalani perawatan. Melihat hal ini, istrinya sangat prihatin terhadap pasien-pasien tersebut dan memutuskan untuk melakukan sesuatu. Zaman itu belum ada handphone, jadi ia tidak bisa menelpon suaminya untuk bertanya.

Karena dia hanya punya sedikit pengetahuan tentang obat herbal, ia mulai mencicipi bahan-bahan herbal di rumahnya itu  semua. Dia mencicipi tanaman herbal yang berasa asam, pahit, asin, pedas dan manis. Berpikir bahwa kebanyakan orang lebih suka yang manis, dia memutuskan untuk memberikan semua pasien akar herbal manis yang sama.

Akar herbal manis ini menghasilkan efek yang baik dan semakin banyak pasien datang kembali untuk mendapatkan ramuan yang sama. Bahkan penjualan obat menjadi jauh lebih baik selama tabib tersebut pergi, yang membuat sang tabib bingung ketika ia pulang kembali.

Karena penasaran bagaimana akar manis ini bisa membawa hasil yang demikian baik, sang tabib memutuskan untuk terus memberikan akar tersebut kepada semua pasien yang datang menemuinya. Ia menemukan bahwa akar herbal ini paling cocok untuk gejala kurang energi, batuk, rasa sakit dan kelelahan. Dia menyebutnya gancao karena rasanya manis.

Percobaan telah menunjukkan bahwa licorice dapat menghasilkan lima efek utama:

1. Melindungi hati
2. Menghasilkan hormon adrenocortical
3. Menghambat influenza
4. Membunuh sel kanker, membantu pasien leukemia
5. Mengurangi kolesterol

Semoga bermanfaat buat teman-teman Tionghoa. [Angie Tan / Medan] Sumber: Erabaru

PESAN KHUSUS

Silahkan kirim berita/artikel anda ke ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA