KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 18 Juli 2012

DEBU DIBAWAH RANJANG MERUSAK KESEHATAN

Setiap saat menyapu, di bawah ranjang dan sofa selalu menjadi "masalah yang merepotkan", kalau disapu atau dibersihkan, akan membuat pinggang terasa pegal; kalau tidak dibersihkan, takut di dalamnya akan banyak menimbun debu dan merusak kesehatan. Lalu bagaimana sebaiknya membersihkan "sudut-sudut mati" ini ?

Debu merusak kesehatan tubuh, komposisi debu meliputi debu atau kotoran, serabut, virus dan asap yang me-ngambang di udara dan sebagainya, kotoran-kotoran ini mengambang di dalam ruangan dalam jangka waktu panjang dan menempel di permukaan benda kering, bukan saja dapat merusak kesehatan tapi juga memperpendek usia pemakaian peralatan elektronik atau perlengkapan lainnya di dalam ruangan.
 
Jumlah debu di dalam bangunan setara dengan indeks partikel yang dapat terisap, setiap detik napas kita sedang mendapat serangan serius yang merugikan!   

Di bawah ranjang atau tempat tidur dan di bawah sofa umumnya merupakan sudut mati kesehatan yang menetap di dalam ruangan, jika tidak segera dibersihkan akan menimbun banyak debu dan rambut, sehingga menjadi tempat bertengger spora jamur dan tungau debu di udara.

Karena jarak permukaan ranjang, sofa dan lantai sangat kecil, sebaiknya bersihkan dengan kain basah. Bisa juga menggunakan alat pembersih kaca yang berkaret busa, karet busa dibasahkan, masukkan ke dalam celah dan sapu.

Apabila memakai alat pengisap debu, di mana agar supaya debu tidak tertiup ke sofa, sumbat dengan sepotong  kain basah di lubang angin pada alat pengisap debu tersebut, namun, jangan terlalu lama, karena akan merusak mesin.

Disarankan kepada para ibu rumah tangga, sebaiknya setiap satu atau dua bulan, bersihkan secara total debu-debu yang melekat di bawah sofa dan tempat tidur. [Erlina Goh / Jakarta]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA