KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 10 April 2012

PANDAI BACA KODE OBAT

Obat ibarat dua mata pisau. Dapat mengobati dan menyembuhkan, tetapi juga menjadi racun bila tak tepat penggunaannya. Untuk itu, cermati kode-kode yang ada pada setiap obat.

Demikian juga ketika mengantisipasi penggunaan obat palsu. Jangan lupa untuk memeriksa nomor register dan Nomor Izin Edar (NIE) pada kemasan.
 
"Periksalah penandaan obat apakah mencantumkan dot hijau, biru, atau merah. Itu kan berbeda. Nama obat, nama produsen, tanggal kedaluwarsa, periksa nomor register dan NIE dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan), itu harus ada.

Kalau ada yang janggal, bisa dicek asli atau tidak nomornya dan bisa dilaporkan ke Badan Perlindungan Konsumen Nasional," tutur Widyaretna Buenastuti, Ketua Umum Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) dalam talkshow mengenai peredaran obat palsu di Amerika, Pacific Place, Jakarta, Selasa (10/4/2012).
 
Berikut paparan arti lingkaran warna pada kemasan obat, sebagaimana dilansir Truckmed.
 
* Lingkaran hijau
 
Lingkaran hijau menandakan bahwa obat ini dapat dibeli bebas di pasaran.
 
* Lingkaran biru

Lingkaran biru menandakan bahwa obat ini dijual bebas terbatas, dapat dibeli tanpa resep dokter. Tetapi aturan pakai dan efek samping harus diperhatikan, serta penggunaannya pun harus sesuai dengan indikasi yang tertulis pada kemasan.
 
* Lingkaran merah
 
Lingkaran merah menandakan bahwa obat tersebut termasuk golongan obat keras yang harus diresepkan dokter. Antibiotik adalah salah satu obat dari golongan obat berlingkaran merah. [Renata Koh / Jakarta]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA