KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 20 April 2012

JANGAN GUNAKAN EARPHONE SAAT HUJAN PETIR

Berikut ini adalah tip yang berguna bagi mereka yang suka jogging: Jika Anda berpikir Anda sedang terperangkap dalam sebuah badai petir, tinggalkan pemutar musik Anda di rumah.

Para dokter di Rumah sakit Umum Vancouver di Kanada mengatakan ada seseorang penggemar jogging berusia 37 tahun saat berjogging menggunakan iPod mengalami kebakaran di bagian dada, leher dan wajah ketika ia dan sebuah pohon di dekatnya disambar petir.

Hal itu terjadi di tahun 2005. Kata mereka, kebakaran itu terlacak melalui jalur earphone yang dipakainya. Gendang telinga pasien tersebut pecah dan tulang rawan yang berada di bagian tengah telinga berpindah tempat, demikian yang disampaikan para dokter tersebut dalam sebuah surat yang ditujukan kepada "the New England Journal of Medicine."

Tulang rahang pria tersebut juga mengalami patah di empat tempat, kedua engsel rahangnya juga berubah tempat, kemungkinan disebabkan oleh arus listrik yang mengakibatkan otot rahang pria tersebut meregang dengan keras, Eric Heffernan, Dr. Peter Munk, dan Dr. Luck Louis menuliskan dalam surat mereka.

Logam yang terkandung dalam earphone membentuk semacam aliran arus listrik dan mengakibatkan luka, kata mereka. "Walaupun penggunaan piranti seperti iPod tidak memperbesar kemungkinan tersengat petir, pada kasus ini, campuran keringat dan metal dalam earphone dapat mengalirkan arus listrik langsung ke kepala korban," kata mereka.

Heffernan mengatakan bukan sekedar earphone dari iPod yang menjadi penyebab resiko ini. "Saya kira kejadian ini sangat mungkin terjadi pada semua jenis headphone." Dua tahun kemudian, lebih dari separuh pendengaran dari pasien tersebut tidak berfungsi dan ia tidak dapat mendengar suara dari frekuensi tinggi, sekalipun menggunakan alat bantu pendengaran. "Ia masih melakukan aktivitas jogging, dan dia telah membeli iPod baru setelah kejadian itu, tetapi meninggalkannya di rumah ketika ia sedang jogging, kata Heffernan dalam sebuah wawancara lewat telepon .

Heffernan merupakan seorang pakar radiologi. The National Weather Service (Lembaga Layanan Cuaca Nnasional) memperkirakan kejanggalan orang yang terkena sambaran petir adalah 1 di antara 5.000 orang. Sekitar sepuluh persen dari mereka meninggal. "Saya kira hikmah yang kita dapat ketika Anda melakukan jogging, pastikan iPod Anda tidak bersentuhan dengan kulit dan lepaskan earphone dari telinga Anda," kata Heffernan. [Yanti Ng / Jakarta]

* Sumber: Google Search Engine

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA