KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Sabtu, 01 September 2012

YANG HIJAU DARI LAUT

Ketika kita berpikir tentang makanan laut, pikiran pertama kita pasti adalah ikan, tetapi laut sesungguhnya juga adalah sumber sayuran yang mengagumkan!

Rumput laut, yang merupakan bahan pokok dalam diet Asia, adalah makanan tersehat di planet ini, dan sekarang mereka telah tersedia di toko-toko makanan khusus. Dengan sedikit pengetahuan, Anda akan segera memahami betap kayanya nutrisi dari sayuran laut.

Penelitian ilmiah terbaru menemukan bahwa ganggang, yang dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan, dapat mengurangi tingkat penyerapan lemak hingga 75 persen. Hal ini merupakan kabar baik bagi lingkar pinggang kita.

Beberapa rumput laut paling populer yang dikonsumsi adalah kombu, nori, wakame, dan arame. Masing-masing dari mereka memiliki rasa, tekstur, dan sifat gizi yang berbeda. Setelah mulut Anda terbiasa dengan mereka, mereka akan menjadi tambahan nutrisi yang bagus untuk gaya hidup sehat Anda.

* Kombu

Rumput laut ini digunakan untuk membuat dashi, kaldu yang dijuluki sebagai "kaldu ayam Jepang." Rumput laut ini memiliki cita rasa yang gurih.

Kombu adalah bahan yang kaya yodium, yang diperlukan untuk menghasilkan dua kunci hormon tiroid: tiroksin dan triiodotironin. Hormon-hormon ini mengontrol metabolisme kita. Kombu juga sedang diteliti untuk manfaat kardiovaskular sebagai penelitian yang menunjukkan bahwa mereka membantu pembekuan darah.

* Nori

Nori merupakan superstar dari ganggang, adalah salah satu sumber protein terkaya. Satu lembar nori menghasilkan serat setara dengan secangkir bayam, dan mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dibanding secangkir alpukat, dengan kalori yang jauh lebih sedikit.

Nori juga mengandung Vitamin C (antioksidan ampuh), B12, yang membantu fungsi kognitif, dan taurin, suatu senyawa yang membantu mengontrol kolesterol. Dikemas dalam lembaran tipis yang memiliki aroma laut yang ringan. Ini mungkin yang membuatnya paling populer di antara rumput laut.

* Wakame

Varietas ini adalah makanan yang sempurna bagi kaum perempuan. Wakame penuh dengan kalsium dan magnesium yang membantu mencegah osteoporosis. Ia bertindak sebagai diuretik untuk mengurangi kembung dan memiliki pigmen yang disebut fucoxanthin, yang dikenal untuk meningkatkan resistensi insulin. Fucoxanthin, dalam studi hewan 2010, ditemukan berguna untuk membakar jaringan lemak.

Daun wakame memiliki rasa asinmanis.

* Arame

Arame mengandung kalium, yang sering digunakan oleh para atlet untuk mencegah kram otot. Penelitian menunjukkan bahwa ia juga memiliki sifat anti-virus, serta efek anti-obesitas. Dalam sebuah studi 2010, tikus yang diberikan bubuk arame mengalami penurunan berat badan yang signifikan pada diet tinggi lemak. Arame berbentuk panjang dengan rasa manis. Cocok dimakan dengan salad dan tumis sayuran.

Jadi untuk sesuatu yang sedikit berbeda, hidangkan beberapa sayuran laut di meja makan Anda! [Renata Koh / Jakarta]

PESAN KHUSUS

Silahkan dicatat dan klik alamat kategori dibawah ini, sebelum diganti pesan baru:

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

Jangan lupa ngajak teman Tionghoa anda ikut gabung disini http://www.facebook.com/chinese.indo bersama ribuan teman Tionghoa lainnya.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA