KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 02 Agustus 2012

BAGAIMANA MAKAN DENGAN BAIK

sepanjang hidup saya, saya tidak perlu belajar bagaimana untuk makan." 

Kedengarannya sangat benar, tetapi beberapa rekomendasi yang sederhana tetapi sangat berguna dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan anda.

* Makan dengan Berpatokan pada Tubuh Anda

Makan hanya ketika anda lapar dan mengkonsumsi makanan yang hanya dapat diterima oleh tubuh anda sangatlah penting sebagai permulaan. Kebanyakan dari kita kehilangan hubungan antara lapar dan makan. Dan secara tipikal, kita memasukkan makanan ke dalam mulut kita sepanjang hari, tanpa memikirkan apakah kita dalam keadaan lapar apa tidak.

Kadang kala kita makan sepanjang waktu, sarapan, makan siang, makan malam, dan kudapan malam, dan ngemil makanan ringan dan minuman terus menerus di antara waktu makan tersebut. Hal ini sangatlah memberatkan sistem pencernaaan dan juga menutupi kesadaran kita akan apa dan kapan tubuh kita membutuhkan makanan.

Salah satu fundamental dari makan yang baik adalah untuk makan sebagai respon dari lapar yang alami. Meskipun banyak orang zaman modern telah kehilangan kemampuan untuk mengenali hal ini, dengan sedikit komitmen dan disiplin, kemampuan ini dapat dengan cepat dikembalikan.

Ada sebuah cerita besar dari India. Dikatakan bahwa ketika setiap jiwa hampir dilahirkan ke dalam tubuh manusia, Tuhan mengalokasikan sejumlah makanan untuk melihat mereka melewati masa hidupnya. Semakin cepat anda menghabiskannya, hidup anda akan semakin pendek. Ini merupakan perumpamaan yang sangat ringkas mengenai kebijakan secukupnya.

* Makan dengan Kesadaran Penuh

Kita haruslah sangatlah penuh perhatian ketika mereka makan. Lakukan hanya satu hal yakni makan. Mereka tidak menonton T, atau membaca surat kabar. Akuilah bahwa hal ini sangatlah sulit pada zaman modern ini, tetapi cobalah untuk meluangkan waktu beberapa kali dalam seminggu untuk hanya makan, tanpa diselingi melakukan kegiatan lain, dan anda mungkin akan mengembangkan rasa untuk itu (tanpa kesengajaan).

Anda mungkin akan merasa terkejut ketika anda dapat merasakan tekstur dan rasa dari makan anda (Cobalah dengan mengunakan mata tertutup untuk merasakan sensasi yang lebih dalam)

Banyak orang tidak sadar apa yang mereka makan karena mereka tidak menaruh perhatian pada makanan tersebut. Hal ini sama dengan aktifitas kebanyakan anda karena secara umumnya orang memikirkan masa lalu dan masa depan. Meditasi membantu anda menjadi lebih "perhatian" dan saat ini merasa hidup di kehidupan anda saat ini.

Sangat penting juga untuk menghargai makanan yang kita makan. Rasa bersyukur ini akan terbawa ke dalam makanan dan meningkatkan nilai kesehatan yang diberikan. Dalam banyak tradisi dikatakan "Bersyukur" sebelum makan adalah sebuah ritual yang penting.

Sebuah pertimbangan penting adalah untuk yakin bahwa kita berada dalam emosi yang positif ketika kita makan. Ketika kita makan, ketika sedang merasa marah atau kecewa, sebetulnya kita sedang memberikan makanan pada emosi kita dan membiarkannya berkembang di dalam diri kita.

Banyak orang dalam kehidupan modern ini makan makanan sebagai cara untuk menghadapi emosi yang sulit. Pendekatan cara makan yang baik menyarankan untuk mengkultivasikan pengalaman kesadaran atas emosi dan tidak makan atau munum hingga ketika emosi itu telah stabil. Praktek meditasi sangat membantu dalam hal ini.

* Mengunyah Makanan dengan Baik

Mengunyah makanan dengan baik adalah kunci penting juga. Pemimpin India Mahatma Gandhi pernah berkata,"Seseorang harus minum makanannya, dan mengunyah sari buahnya." Ini merupakan indikator bahwa kita harus mengunyah makanan kita hingga pada kondisi cair. Ini adalah beberapa alasan mengapa hal ini sangat penting.

Dinding lambung yang halus tidak mempunyai kekuatan yang cukup untuk mencerna makanan dalam jumlah yang besar. Untuk melakukannya, lambung perlu memproduksi asam lambung dalam jumlah yang besar. Sehingga hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Selain itu makanan yang tidak dapat dicernakan, akan tinggal di dalam lambung dan usus sehingga dapat menyebabkan permasalahan kesehatan yang berkepanjangan dan juga menambah racun ke dalam system organ dalam tubuh anda.

Mengunyah dengan baik bukan hanya membantu memecah makanan tersebut dalam porsi yang semakin kecil dan semakin kecil tetapi juga mempersiapkan makanan tersebut dalam perjalanannya ke lambung.

Ada enzim yang dilepaskan dari beberapa makanan (terutama makanan alami yang tidak dimasak) yang membantu untuk memecahkan nutrisi di dalam makanan tersebut secara sempurna.
Juga ada enzim khusus yang terkandung di dalam air liur yang membantu proses ini juga, tetapi enzim tersebut memerlukan waktu untuk bereaksi.

Jika makanan meninggalkan mulut dan langsung ke lambung sebelum enzim ini mulai berfungsi makan kita membuat diri kita sendiri berada dalam masalah kesehatan dan tidak menerima semua nutrisi yang kita seharusnya dapatkan dari makanan yang kita makan.

* Monitor Berat Badan Anda

Menariknya, orang yang mengunyah dengan baik memiliki kecenderungan untuk makan lebih sedikit dan sedikit bertambah berat badannya. Sebagian penyebabnya adalah karena diperlukan beberapa waktu bagi lambung untuk mengirimkan singnal kenyang ke otak, sehingga semakin lambat kita makan semakin berkurang kita akan mengalami masalah kelebihan berat badan.

Selain itu karena kita melepaskan lebih banyak pranic, vitamin dan mineral dari makanan yang kita makan, tubuh kita menerima apa yang diperlukan dari sejumlah kecil makanan yang kita makan.

Sehingga, untuk orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan, kunyahlah makanan dengan baik dan makan dengan perlahan, dapat memberikan solusi sederhana untuk mengurangi sebagian berat badan.

Keuntungan lain dari mengunyah secara baik adalah akan menstimulasi kesehatan gigi. Mengunyah akan menstimulasi aliran darah ke gusi dan akar gigi.

Beginilah kawan. Beberapa rekomendasi sederhana yang dapat membuat perubahan besar. Saya memberikan jaminan bahwa anda akan lebih menikmati makanan anda dan juga mendapatkan manfaat dari segi kesehatan. [Suzanna Liu / Jakarta]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA