KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 20 Januari 2012

BAKTERI DI KULIT PENGARUHI DAYA TARIK NYAMUK

Kulit manusia adalah seperti tuan rumah dari berbagai mikroorganisme. Mikroorganisme tersebut memetabolisme komponen dalam keringat untuk menghasilkan senyawa yang membentuk bau tubuh tertentu. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nyamuk tertarik pada manusia tergantung dari aroma unik Anda, atau dengan kata lain, keberagaman mikroba kulit Anda.

Hal ini memiliki implikasi yang mendalam dalam bidang pencegahan malaria.

Niels Verhulst dari Universitas Wageningen di Belanda dan rekannya mengumpulkan aroma dari kaki sekelompok relawan pria yang terkena bau Anopheles gambiae, spesies utama dari nyamuk yang membawa parasit malaria.

Para peneliti juga mengkultur sampel bakteri dari para peserta dan menemukan bahwa individu yang lebih menarik bagi nyamuk ternyata memiliki beban bakteri yang lebih tinggi tetapi dengan keberagaman mikroba yang lebih rendah.

Peserta dengan jumlah spesies Pseudomonas atau bakteri Variovorax lebih tinggi atau keragaman mikroba yang lebih tinggi, sama sekali kurang menarik.

Tim peneliti menyimpulkan bahwa individu dengan keberagaman mikroba yang lebih luas lebih mungkin untuk menjadi tuan rumah jenis bakteri tertentu yang menghasilkan senyawa tertentu dan ternyata akhirnya mengurangi daya tarik kulit ini terhadap spesies nyamuk Afrika.

"Penemuan hubungan antara populasi mi-kroba kulit dan daya tarik nyamuk dapat memengaruhi pengembangan atraktan nyamuk baru dan metode pribadi untuk perlindungan terhadap vektor malaria dan penyakit menular lainnya," tulis para penulis penelitian dalam makalah mereka. [Ginger Chan / Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA