KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 07 Oktober 2012

MEROKOK DALAM MOBIL 23 KALI LEBIH BERBAHAYA

Jangan sekali-kali merokok dalam kendaraan. Karena racun rokok dalam mobil tertutup sehingga 23 kali lebih berbahaya dibanding merokok di diskotek (bar) meski sama-sama dipenuhi asap rokok.

"Merokok dalam mobil sama saja membunuh anak-anak, ibu hamil dan orang tua. Mereka beresiko tinggi kena racun mematikan," ujar Dr Vivienne Nathanson dari British Medical Association (BMA), Sabtu.

Vivienne menuturkan anak-anak menyerap racun atau polutan lebih banyak dibanding orang dewasa. Sistem kekebalan tubuh yang dimiliki anak-anak belum matang sehingga kurang mampu mengatasi racun yang masuk sebagai perokok pasif.

Begitu juga dengan orang tua yang rentan dengan masalah pernapasan. Nafas mereka makin buruk kondisinya dengan menghirup asap rokok. Tingkat racun yang semakin tinggi jelas lebih bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, sehingga diperlukan peraturan yang ketat.

"Dokter melihat banyak kasus kesakitan dan kematian dini disebabkan oleh merokok dan perokok pasif. Untuk itu kami menyerukan untuk mengambil langkah berani melarang merokok di kendaraan termasuk mobil pribadi," ujar Dr Vivienne Nathanson dikutip Dailymail.

Jika peraturan larangan merokok di dalam mobil bisa dilaksanakan, maka diharapkan nantinya juga bisa diterapkan larangan merokok di dalam rumah dan tempat-tempat lainnya sehingga mengurangi jumlah perokok pasif dan dampak buruk dari asap rokok.

"Merokok merupakan salah satu tantangan terbesar dan paling keras dalam kesehatan masyarakat. Kami memiliki rencana untuk membantu menurunkan tingkat rokok dan mengurangi bahaya dari tembakau selama 5 tahun ke depan," ujar juru bicara Departemen Kesehatan Inggris.

Berbagai studi mengenai rokok telah menjelaskan bahwa di dalam asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia racun (toksik) serta 43 senyawa penyebab kanker (karsinogenik).

Selain itu asap rokok bersifat lengket atau sulit dihilangkan, jadi bagaimana jadinya jika asap itu masuk ke dalam tubuh seperti paru-paru yang makin lama semakin banyak jumlahnya. [Suzanna Liu / Jakarta] Sumber: Poskota

PESAN KHUSUS

Silahkan kirim berita/artikel anda ke ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA