KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 27 Juni 2012

DEMI CANTIK, JANGAN LAKUKAN PERAWATAN INI

Kecantikan menjadi hal paling penting bagi kaum wanita. Tidak jarang mereka melakukan apapun untuk mendapatkan kesempurnaan. Iming-iming teknologi kecantikan pun kian pintar memberi hasil menggiurkan.

Lalu, perawatan apa saja yang sudah Anda lewati untuk menjadi cantik? Perawatan tidak semata mendapatkan hasil yang mengagumkan, tapi juga harus menimbang efek negatif yang akan membuntuti. Berikut tiga perawatan yang sebaiknya dihindari.

- Tanning

Meskipun memiliki resiko yang cukup berbahaya terhadap kesehatan kulit, namun banyak dari kita yang tetap ingin mendapatkan kulit eksotik melalui tanning. Setelah, berjemur dinyatakan menjadi salah satu pemicu kanker kulit, teknologi kecantikan mencoba menawarkan proses tanning dengan menggunakan alat khusus yang di dalam ruangan. Yakni tanning bad dan sunlamp yang memancarkan ultraviolet.

Seperti dikutip My Health daily News, cara ini tetap saja akan merusak kulit. Menyebabkan penuaan dini, luka bakar, bahkan kerusakan pada mata. Selain itu, paparan sinar UV ini juga dapat menyebabkan kecanduan tanning. Sebuah studi di jurnal Clinical Dermatology Eksperimental US, menemukan bahwa perempuan muda sangat rentan untuk mengembangkan keinginan kompulsif melalakukan tan.

- Meluruskan rambut

Rambut indah tidak identik dengan kibasan rambut super lurus. Lebih baik Anda bertahan dengan rambut alami tanpa sentuhan pelurusan. Penggunaan krim pelurus rambut ternyata dapat menimbulkan gangguan serius. Iritasi mata dan hidung, reaksi alergi seperti ruam pada kulit, dan gangguan pernapasan seperti asma. Ini karena kandungan gas berbau tajam formaldehida yang terdapat pada  krim tersebut.

- Botox

Suntikan ini memang sangat ampuh untuk mengusir segala macam kerutan di wajah. Botox merupakan toksin botulinum tipe A yang dapat melemaskan otot wajah selama beberapa bulan. Kabar buruknya, toksin ini diproduksi oleh clostridium botulinum, bakteri yang menyebabkan botulism, penyakit langka tapi serius.

Meskipun suntikan ini pada umumnya aman, efek samping dan komplikasi  tetap mungkin terjadi, termasuk rasa sakit dan memar di areal yang diberikan tindakan. Selain itu juga mual, sakit kepala, dan kelemahan otot untuk jangka waktu pendek. 

US Food and Drug Administration memang  mengijinkan penggunaan botox dalam produk  kosmetik. Tapi tetap dengan label yang menyatakan resiko toksin tersebut. Termasuk gangguan menelan yang bisa ditimbulkan. [Renata Koh / Jakarta]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA