KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 20 Desember 2011

MEREDAKAN MATA LELAH AKIBAT KOMPUTER

Apakah Anda pernah mengalami iritasi mata dan mata kering, sakit kepala, mata tegang, atau bahkan penglihatan kabur, setelah menggunakan komputer dalam jangka waktu panjang?

Apakah Anda tahu semakin lama Anda menggunakan komputer, mata Anda akan semakin tertekan? Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi mata lelah?

Berikut tips sederhana yang dapat membantu:

* Olahraga mata

1. Duduklah dalam posisi yang nyaman. Gosokkan kedua telapak tangan Anda selama kira-kira 15 sampai 20 detik sampai terasa hangat. Tutup kedua telapak tangan ke mata Anda. Jangan tekan bola mata. Cobalah untuk rileks dan nikmati kegelapan selama 30 detik. Bernapaslah dengan tenang dan dalam.

2. Duduk di posisi yang sama, putar bola mata dan tahan   selama 5 detik. Kemudian lepaskan. Lantas putar bola mata ke bawah dan juga tahan selama 5 detik. Sekali lagi, lepaskan. Kemudian, putar bola mata ke kanan, tahan selama 5 detik, dan lepaskan. Terakhir putar bola mata ke kiri, tahan selama 5 detik, dan rilekskan mata Anda. Ulangi 5 kali.

3. Tutup mata Anda seerat mungkin, tahan selama 5 detik, dan lepaskan. Kemudian buka mata Anda sebanyak Anda bisa, tahan selama 5 detik, dan rileks. Ulangi 5 kali.

4. Putar bola mata Anda 5 kali ke kiri, dengan gerakan melingkar, dan rilekskan mata Anda. Kemudian putar mata ke kanan, juga dalam gerakan melingkar dan rileks.

5. Berdiri di salah satu sudut ruangan, atau duduk di mana pun, pindailah benda-benda yang berada di dalam ruangan dengan mata Anda. Fokuskan pada meja, TV, lampu, pintu, dan sebagainya. Lakukan selama satu menit. Hal ini akan membantu Anda meningkatkan fleksibilitas mata Anda

* Lakukan Sendiri Spa Mata:

1. Tempatkan semangkuk air panas dan air dingin di depan Anda. Usahakan suhu air panas jangan sampai membuat kulit Anda terbakar sedangkan untuk air dingin usahakan air harus dingin, sehingga perlu dibantu dengan es batu atau air kulkas.

2. Masukkan kain ke dalam masing-masing mangkuk.

3. Tempelkan kain yang direndam dalam mangkuk air panas di atas mata yang tertutup selama 30 detik.

4. Kemudian lakukan hal yang sama dengan kain yang direndam dengan air dingin.

5. Lakukan bergantian.

6. Akhiri dengan pijatan lembut di area mata yang tertutup dengan handuk kering selama dua menit. [Anita Li / Jayapura / Papua / Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA