KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 06 Desember 2011

10 CARA CEGAH RAMBUT UBAN

Rambut uban muncul di usia berbeda bagi setiap orang. Sepertiga orang mendapat uban sebelum mencapai usia 30-an, yang sebagian besar dikarenakan kekurangan zat melanin.

Fungsi melanin adalah menjaga agar rambut tetap hitam alami. Seiring bertambahnya usia, kandungan zat melanin menurun sehingga membuat rambut semakin memutih. Berikut ini 10 tips hidup sehat untuk menunda datangnya uban.

1. Mengurangi stress

Stress merupakan penyebab utama timbulnya uban dan penuaan. Jika Anda menginginkan tampil lebih muda dari usia Anda, maka Anda membutuhkan waktu untuk rileks. Sebagai contoh, setelah bekerja ambilah waktu beristirahat atau menyegarkan diri dengan mandi, nikmati setiap momen dengan rileks. Kita juga harus belajar hidup lebih positif, dan katakan "tidak" untuk permintaan tertentu.

2. Berhenti merokok

Riset menunjukkan bahwa merokok dapat menyebabkan penuaan dini. Oleh karenanya berhentilah merokok, karena dapat memperbaiki sirkulasi darah dan membantu mengurangi timbulnya uban.

3. Menjaga cairan tubuh

Kurangi konsumsi kafein dan alkohol. Mengonsumsi makanan bergoreng, pedas dan asam setiap hari, juga dapat menyebabkan dehidrasi. Kekurangan air dapat menghalangi nutrisi mencapai korteks batang rambut.

4. Tembaga

Terkadang rambut putih timbul akibat kekurangan tembaga. Makan-an yang banyak mengandung tembaga, misalnya sayuran hijau, kacang lima (Phaseolus lunatus), ubi rambat, bayam dan sebagian besar daging.

5. Yodium

Rambut putih juga bisa disebabkan karena kekurangan yodium. Makanan yang kaya kandungan yodium: wortel dan bayam yang dapat mencegah timbulnya uban.

6. Protein

Makanan yang kaya kandungan protein sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut.   Mengonsumsi daging tanpa lemak seperti daging kalkun, dapat menyeimbangkan protein dalam diet Anda dibanding dengan makanan berkarbohidrat tinggi. Sebagai contoh, menambahkan telur goreng dalam menu Anda dapat menambah protein.

7. Cukup tidur

Tidur yang sehat dapat membantu merilekskan tubuh dan mengurangi stress. Tidur 8 jam sehari dapat menyuplai kekurangan energi untuk bekerja dan melewati hari dengan gembira.

8. Vitamin B-12

Kekurangan vitamin B-12 dapat menyebabkan penuaan dini. Makanan yang kaya kandungan vitamin B-12: telur, keju, daging sapi, pisang, ikan dan daging domba.

9. Memperbaiki sirkulasi darah

Salah satu cara terpenting mencegah rambut beruban adalah memperbaiki sirkulasi darah. Meskipun Anda memberi asupan vitamin dan mineral yang cukup dalam menu Anda, hal itu tidak membantu sama sekali jika mereka tidak dapat diserap kulit dan rambut Anda. Olahraga atau bahkan berjalan kaki dapat membantu memperlancar sirkulasi darah. Anda juga dapat memperbaiki sirkulasi darah dengan memijat kulit kepala selama 5-10 menit setiap hari.

10. Ramuan herbal Tiongkok

Fallopia Multiflora, sangat efektif dalam memperbaiki rambut beruban. Anda dapat memperolehnya di toko-toko obat Tiongkok. Ikuti petunjuk dokter saat mengonsumsinya.
 
Sumber Artikel: Google Search Engine

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA