KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 09 Februari 2012

KEBIJAKAN KUNO TIDUR SEHAT (3)

Tidur adalah obat terbaik. Aktivitas ini dapat mengembalikan, memperbaiki, dan meremajakan tubuh. Oleh karena itu, tidur nyenyak di malam hari merupakan kunci utama mendapatkan fungsi tubuh maksimal, kesehatan, dan panjang umur.

Kebiasaan tidur yang sehat melibatkan siklus bangun dan tidur teratur yang memenuhi kualitas tidur di malam hari dan kesiagaan di siang hari.

Agar mendapatkan tidur malam berkualitas, ilmu pengetahuan modern memiliki beberapa saran bagus menurut para peneliti terapi tidur. Saran ini kemudian disebut sebagai tidur sehat. Langkah-langkah berikut ini adalah kunci tidur sehat:

• Pertahankan waktu bangun dan tidur secara teratur. Bahkan pada saat-saat Anda terlambat tidur, usahakan bangun pada waktu yang sama di keesokan harinya untuk menjaga ritme tubuh Anda.

• Rencanakan agar Anda mendapatkan tidur yang cukup selama tujuh sampai delapan jam setiap hari. Hindari terlalu banyak menghabiskan waktu di tempat tidur jika Anda tidak ingin tidur.

• Gunakan tempat tidur Anda untuk tidur. Hindari menonton televisi, menelepon teman, atau membaca buku di tempat tidur. Tubuh perlu mengasosiasikan tempat tidur sebagai tempat untuk tidur, bukan aktivitas lainnya.

• Hindari mengonsumsi makanan berat, menggunakan stimulan seperti teh, kopi, atau cokelat, melakukan olahraga berat, atau melakukan percakapan yang sarat emosional di waktu-waktu mendekati waktu tidur.

• Buatlah kamar tidur sebagai tempat yang santai dan tenang. Jaga agar suhu ruangan tetap nyaman secara konsisten. Atur agar suhu tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

• Pastikan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup di siang hari, dan redupkan cahaya di malam hari.

* Waktu yang Tepat untuk Tidur

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, tidur malam yang baik juga dianggap penting untuk kesehatan. Sebagai tambahan saran dari pengobatan modern, pengobatan tradisional Tiongkok menekankan pentingnya waktu yang tepat untuk tidur malam.

Waktu tidur ideal adalah pukul 21.00–23.00. Di saat ini, energi tubuh (Qi) bersirkulasi ke meridian tiga pembakar (san jiao), suatu  konsep khas pengobatan tradisional Tiongkok. Tiga pembakar tersebut melibatkan fungsi organ dalam dada, perut, dan panggul.

Pembakar atas menyebarkan oksigen dan darah ke seluruh tubuh. Pembakar tengah menyerap, memetabolisme, dan mengubah makanan menjadi nutrisi bagi tubuh. Pembakar bawah menyerap kembali air dan membuang limbah dari sistem tubuh. Oleh karena itu, tiga pembakar tersebut menentukan fungsi normal tubuh. Oleh karena itu, kita harus merawat tiga pembakar tersebut.

Energi bersirkulasi melalui sistem organ yang berbeda setiap dua jam.

Karena sehari terdiri dari 24 jam, maka terdapat 12 tahapan siklus energi. Saat memasuki fase terakhir dari 12 tahap, tubuh akan memasuki fase pemulihan. Maka seseorang harus menjaga pikiran mereka agar tetap tenang, meredakan emosi, dan meminimalisir aktivitas. Beberapa ahli pengobatan Tiongkok menyarankan agar tidur pada pukul 22.30 WIB.

Dari pukul 23.00–03.00, energi bersirkulasi melalui kantong empedu dan hati, seperti yang dibahas pada bagian-2 (Tionghoanews.com). Dalam pengobatan Tiongkok, kantung empedu dan sistem organ hati mengatur pencernaan, memelihara jaringan ikat (seperti otot dan ligamen dari sendi), mengatur suasana hati dan tidur, mendukung kesehatan tulang, dan mengatur menstruasi dan reproduksi.

Mereka bertanggung jawab atas penglihatan dan kemampuan perencanaan dan pelaksanaan strategis. Mendapatkan tidur berkualitas pada masa-masa ini akan mencegah sejumlah masalah kesehatan, terutama bagi mereka yang menderita migrain, fibromyalgia (radang pada otot), depresi, kecemasan, sindrom iritasi usus, sindrom pramenstruasi, infertilitas, tumor jinak payudara dan rahim, dan esofagus refluks (asam lambung kembali ke kerongkongan).

Dari jam 3 sampai 5 pagi, energi bersirkulasi melalui meridian paru-paru. Oleh karena itu, tidur nyenyak pada kurun waktu ini juga sangat penting. Paru-paru, dalam pengobatan Tiongkok, bertanggung jawab atas pernafasan, penyebaran Qi dan oksigen ke seluruh tubuh. Mereka juga membantu mengatur metabolisme air dan terhubung dengan fungsi usus besar.

Energi paru-paru membuat seseorang kuat secara fisik dan sangat sensitif terhadap kesedihan dan duka. Bagi mereka yang sering menderita infeksi pernafasan bagian atas, alergi, kehilangan dan kesedihan, masalah kulit, dan sering buang air kecil atau buang air besar abnormal, akan sangat bagus jika mendapatkan tidur yang berkualitas pada saat-saat ini.

Tidur nyenyak. Tidur pada waktunya. Panjang umur. Hidup sehat.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA