KESEHATAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 27 Februari 2013

BAHAYA TERSEMBUNYI KETIKA MAKAN BERLEBIHAN

Para generasi tua seringkali memberi nasehat, "Makanlah sampai 70 - 80 persen kenyang". Kedengarannya hal ini begitu sederhana, namun bisa jadi merupakan jalan keluar bagi sindrom lemak hati (fatty liver syndrome).

Sindrom lemak hati, seperti yang dapat diduga dari namanya, merupakan akumulasi lemak di dalam sel-sel hati yang terkadang dapat merusak sel hati itu sendiri. Kerusakan itu seringkali dianggap hal yang sepele, akan tetapi bisa jadi dapat menyebabkan parut luka yang dikenal sebagai fibrosis, bila berlanjut dapat menjadi sirosis yang akan mempengaruhi fungsi hati (liver).

Ketika jaringan fibrotic terbentuk, sangat sulit untuk memperbaiki keadaan hati pada kondisi semula. Anda bisa saja membicarakan tentang terobosan pengobatan moderen saat ini, akan tetapi belum ada satu obat pun yang dapat menyembuhkannya.

Olahraga, istirahat dan tidak mengonsumsi alkohol barangkali dapat membantu sindrom lemak hati. Namun bagaimanapun juga, hal tersebut hanya bisa menghentikan menurunnya kesehatan hati menuju ke kondisi yang lebih serius, seperti halnya sirosis.

Saat ini orang sering mengabaikan pentingnya makan sesuai aturan. Bahkan benar-benar tidak memperhatikannya. Mengonsumsi aneka daging panggang di restauran barbeque atau dimanapun tempat makan yang menawarkan promosinya yang menarik. Kemudian mereka akan makan sepuasnya tanpa menghiraukan bagaimana sakitnya tubuh mereka setelah itu (beban berat yang ditanggung oleh tubuh), karena tidak ingin merasa rugi dengan uang yang telah dikeluarkannya.

Menurut pengobatan Tiongkok, "Orang kurus mempunyai panas, orang gemuk memiliki lendir." Lendir merupakan getah di dalam organ yang berlebihan dan dikeluarkan melalui saluran pernafasan, terutama paru-paru, kerongkongan dan sinus. Pengobatan Tiongkok menyebutnya "mengentalkan kelembaban", dan ini bertentangan dengan energi vital tubuh atau yang disebut juga qi.

Kalau qi itu sifatnya ringan dan mengalir, sedangkan lendir lawan katanya, kental dan menggenang. Pengobatan Tiongkok juga berpendapat lendir mengandung lemak. Banyak resep untuk mengurangi berat badan pada pengobatan Tiongkok bertujuan untuk merubah atau membersihkan lendir, yang juga menjadi dasar bagi penyembuhan sindrom lemak hati.

Obat-obatan menurunkan kolesterol dan triglycerida dalam tubuh, akan tetapi apakah kita mempunyai obat penghilang lemak dalam sel-sel hati?

Pengobatan Tiongkok menggunakan meridian pemandu obat, dimana obat-obatan dengan kandungan pharmakologis yang benar akan ditransportasikan oleh meridian tertentu untuk mendesak efek-efek yang diinginkan. Meridian adalah jalur energi yang menghubungkan organ-organ dan anggota tubuh.

Seluruh organ dan meridian memiliki meridian pemandu obatnya sendiri. Sebagai contoh, obat hati mengandung chaihu (柴胡, Bupleurum chinense), akar besar bunga huáng qín (黄芩, Scutellaria baicalensis) dan kulit tiram.

Apabila kita menggabungkan obat-obatan tersebut, lendir encer dengan obat akan berubah bentuk menjadi lendir (kental) dan menggunakan meridian pemandu obat untuk menghantarkannya ke hati, kemudian kita dapat membersihkan lemak di dalam hati. Selama dalam pengujian, ketika lendir tersebut menjadi encer, substansi lemak dalam hati akan berkurang.

Hati (liver) itu sendiri mungkin nampak berbeda, Anda dapat melihat perubahannya secara perlahan-lahan. Lalu bagaimana merawat sindrom lemak hati? Istirahat yang seimbang dan berolahraga. Buku kuno menyarankan bahwa Anda mesti tidur sebelum jam sebelas malam.

Istirahat, berolahraga dan mengurangi sedikit porsi makan hingga 70 atau 80 persen kenyang. Ini merupakan jalan terbaik untuk tetap sehat. [Angie Tan / Medan]

***
Mari kita bersama-sama dukung Tionghoanews dengan cara kirim berita & artikel tentang kegiatan & kejadian Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA